Kepercayaan Mistik, Mitos Orang Afrika yang Masih Dipercaya Sampai Sekarang

Di Afrika kepercayaan terhadap hal mistik masih berlaku sampai sekarang, banyak mitos yang masih mereka percayai, orang-orang Afrika sangat percaya pada misteri dan hal-hal mistik. Pengetahuan hitam voodoo yang melegenda datang dari benua kulit berwarna ini. Banyak lagi mitos yang menyebar di benua dengan lebih dari 1000 bahasa ini, ini yang paling terkenal.

1. The Biloko
Biloko yaitu kurcaci jahat yang ada pada mitos masyarakat Zaire. Menurut legenda, Biloko yaitu roh leluhur yang mendendam pada manusia. Mereka menempati rimba dan tinggal di lubang-lubang pohon.

The Biloko

Apabila kaum hawa menyaksikan mereka dapat langsung pingsan ditempat. Jadi cuma beberapa pemburu pemberani yang dapat masuk rimba. Biloko digambarkan mempunyai cakar panjang yang tajam, bergigi runcing dan dapat menelan orang dalam kondisi utuh.

2. Adu Ogyinae
Menurut mitos bangsa Akan, seluruh manusia awalannya hidup didalam bumi. Satu hari, cacing besar membuat lubang ke atas. Tujuh pria, lima wanita, seekor leopard, serta seekor anjing merangkak ke luar. Lihat keaadan bumi, mereka jadi ketakutan.

Adu Ogyinae

Adu Ogyinae "lelaki pertama yang sampai di permukaan bumi" malah menyaksikan banyak keajaiban diatas bumi. Ia juga menentramkan mereka semuanya, lantas membagi golongan itu dengan pekerjaan masing-masing. Ia mengatur pembangunan rumah mereka. Selagi menebang pohon, ia tertimpa dan mati.

3. Kaang
Bila kamu sempat nonton film The Gods Must Be Crazy tentu ingat dengan tokoh paling utama yang polos serta lucu. Itu yaitu deskripsi suku Bushmen, masyarakat nomaden di Afrika yang tenar dalammendapatkan sumber air di dalam padang tandus.

Kaang

Mereka meyakini Kaang jadi dewa teratas, pencipta kehidupan sekalian penghukum saat dunia penuh dengan pembangkangan. Walau sang Maha Dewa ini tinggal di langit, rohnya bisa tampak pada setiap mahluk hidup.

Diceritakan, istri Kaang melahirkan Eland (antelop Afrika). Rupanya tanpa ada berencana ke-2 putra Kaang yang lain membunuhnya. Kaang juga menuntut supaya darah Eland di rebus lantas disebar ke permukaan bumi. Berikut awal penciptaan antelop serta beragam hewan yang lain. Serta dengan langkah tersebut Kaang berikan sumber makanan untuk manusia.

4. Nyaminyami
Nyaminyami yaitu mahluk legenda berbentuk naga yang dipercaya berada di Sungai Zambezi. Ada satu cerita aneh waktu bendungan Kariba mulai dibuat tahun 1956. Rakyat Batonga menempati tempat project serta mereka percaya Nyaminyami juga akan geram.

Nyaminyami

Satu tahun sesudah project di mulai, mendadak banjir besar menempa dan menewaskan banyak pekerja. Bendungan yang telah di buat juga hancur. Beberapa pekerja yang tewas hilang. Tim SAR tidak dapat temukan mereka. Lantas beberapa tetua suku di panggil.

Mereka menjelaskan masalah kemarahan Nyaminyami dan harus memberikannya tumbal. Pada akhirnya anak sapi disembelih dan dilarungkan diatas sungai. Esok harinya, mayat beberapa pekerja keluar. Bendungan tersebut baru tuntas pada tahun 1977.

5. Huveane
Huveane menduduki peranan utama dalam legenda orang-orang Afrika. Beberapa besar menganggapnya jadi manusia pertama, sementara golongan Basotho serta Bavenda di Afrika Selatan yakin bahwa Huveane sebagai pencipta.

Huveane

Dijelaskan, setelah membuat bumi Huveane begitu kagum pada hasil karyanya. Waktu itu manusia ciptaannya juga mulai belajar beberapa hal mengenai burung serta lebah. Suara itu semuanya sangat bising untuk Huveane.

Pada akhirnya sang dewa membuat tangga dan pulang ke surga. Setiap mengambil langkah naik, dihapusnya tiap-tiap anak tangga yang dilalui hingga manusia tidak dapat menyusul ke surga.
Kepercayaan Mistik, Mitos Orang Afrika yang Masih Dipercaya Sampai Sekarang Kepercayaan Mistik, Mitos Orang Afrika yang Masih Dipercaya Sampai Sekarang Reviewed by UNIKBACA COM on 9:05:00 AM Rating: 5