Ads Top

Bubur Hyderabadi Haleem, Makanan Dari India Disajikan Pada Bulan Ramadan

Makanan khas India saat bulan Ramadhan adalah Hyderabadi Haleem. Makanan ini merupakan makanan khas yang mirip dengan bubur gandum tradisional dengan cita rasa yang pedas dan gurih. Lalu apa keunikan haleem dari bubur yang ada di Indonesia.

Bubur Hyderabadi Haleem

Ternyata keunikan bubur khas India ini terletak pada bahan dasarnya. Apabila di Indonesia bubur biasanya terbuat dari beras dan ditaburi dengan daging cincang seperti bubur ayam, maka di Hyderabad, India, bahan dasarnya justru adalah daging ayam atau danging sapi.

Daging ayam atau sapi dimasukkan ke dalam tungku besar dan direbus dengan ghee sampai hancur dan lembut, dengan suhu yang sangat tinggi. Ghee mirip dengan margarin yang dibuat dari lemak susu sapi atau kerbau melalui suatu proses tertentu.

Daging yang sudah hancur selanjutnya dihidangkan dengan kuah yang dibuat dari rempah-rempah ala India. Haleem biasa dijual di bulan Ramadhan karena memang ini makanan khas Ramadhan, bahkan bisa dibilang makanan orang muslim.

Karena makanan ini tergolong kategori nonvegetarian. Seperti kita tahu, mayoritas rakyat India memeluk agama Hindu yang sangat menghormati sapi dan sebagian besar merupakan vegetarian.

Haleem biasa dijual di daerah perkampungan muslim di India pada bulan Ramadham, di daerah-daerah berpenduduk muslim itu banyak dijumpai para penjual bubur ini yang buka sejak menjelang maghrib hingga tengah malam.

Dengan harga yang cukup murah dan rasanya yang lezat, haleem merupakan penganan khas yang sangat digemari penduduk muslim India.
Bubur Hyderabadi Haleem, Makanan Dari India Disajikan Pada Bulan Ramadan Bubur Hyderabadi Haleem, Makanan Dari India Disajikan Pada Bulan Ramadan Reviewed by UNIKBACACOM on 11.51 Rating: 5