Ads Top

Makanan Ramadan Khas Turki, Ada Pada Bulan Ramadan, Mau Coba Silahkan

Kalau mau coba makanan Ramadan khas Turki cobalah ke sana pada Bulan Ramadan. Sebagai Negara yang dihuni mayoritas umat islam, warga Turki punya tradisi Ramadhan tersendiri. Mereka memiliki makanan sahur dan berbuka yang unik dan khas.

Makanan Ramadan Khas Turki

Bahkan, ada pula makanan yang hanya bisa ditemukan saat bulan puasa. Seperti umat islam di belahan dunia lainnya, umat islam di Turki menyambut bulan Ramadhan dengan penuh sukacita. Negara yang pernah mencapai kejayaannya pada masa kesultanan Ottoman ini pun memiliki menu yang spesial saat Ramadhan tiba.

Selama bulan suci, setiap rumah makan di pelosok Turki, terutama di kota besarnya menyajikan menu-menu berbuka puasa. Makanan yang khas disajikan pada bulan puasa adalah roti pide, yaitu roti tradisional yang dipanggang, terbuat dari adonan terigu, ragi instan, minyak zaitun, air hangat, dan susu murni.

Setelah matang biasa disajikan dengan taburan biji nigela dan topping yogurt. Di Turki, roti pide biasanya merupakan salah satu bagian dari set menu, yang dibuka dengan sup iftariye, roti pide, pastirma, sjuk, dan bermacam kue yang disebut borek.

Hidangan utamanya adalah makanan khas dan tradisional Ottoman. Sementara untuk penutup ada gullac yang manis dan agak kenyal. Lembar pastry gullac yang direndam di susu hangat, taburan walbut cincang di tengah-tengahnya, serta siraman air mawar untuk menambah aroma.

Jika di Turki dessert ini ditaburi oleh biji delima, maka di Indonesia diganti dengan potongan stroberi. Gullac adalah dessert dingin khas Ramadhan di Turki. Di luar bulan suci, jangan harap bisa menemukan makanan manis ini dengan mudah karena gullac pastry tidak diproduksi.

Gullac pastry adalah lembaran tipis berbentuk bundar dan besar yang terbuat dari tepung maizena dan terigu. Dengan populasi umat muslim yang mencapai 98 persen di Negara tersebut, menu-menu khas tradisional semacam itu mendominasi sejumlah restoran dan rumah makan di kota-kota besar seperti Istanbul.

Beberapa restoran mewah bahkan mengemasnya dalam format fine dining yang dipadukan dengan suguhan musik khas timur tengah. Salah satu tempat yang ramai dikunjungi saat jam buka puasa adalah Sultanahmet Square, tak jauh dari Masjid Sultan Ahmed atau Blue Mosque.

Di tempat ini, puluhan tenda restoran menyajikan aneka menu tradisional khas Ramadhan dengan berbagai hiburan seni yang khas.
Makanan Ramadan Khas Turki, Ada Pada Bulan Ramadan, Mau Coba Silahkan Makanan Ramadan Khas Turki, Ada Pada Bulan Ramadan, Mau Coba Silahkan Reviewed by UNIKBACA.COM on 11.44 Rating: 5