Ads Top

Mansaf Dari Yordania, Hidangan Ramadan Lezat Para Warga Yordania

Mansaf dari Yordania, ya Yordania memiliki hidangan khas yang fantastis dan sangat lezat, yaitu mansaf. Keunikan dan keistimewaan mansaf adalah saus putih terbuat dari susu kambing kering asin, yaitu jameed. Mansaf memiliki tiga bahan dasar, yaitu beras, daging, dan susu kambing.

Mansaf Dari Yordania

Makanan disajikan dalam baki bulat besar dan dimakan dengan menggunakan tangan tanpa sendok ataupun garpu sebagaimana tradisi masyarakat Yordania. Ketika adzan maghrib berkumandang, biasanya setiap anggota keluarga Yordania berkumpul di depan baki berisi mansaf dan mulai mencomotnya.

Kebersamaan dalam menikmati mansaf juga semakin menambah ikatan sosial antara anggota keluarga atau antara tuan rumah dengan tamunya. Jika Anda mengunjungi Yordania, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi hidangan mansaf.

Makanan favorit lain saat bulan Ramadhan di Yordania adalah qatayef. Bentuknya mirip pastel dengan isian kacang yang gurih. Makanan sejenis pangsit ini dibuat dari adonan terigu dengan aroma kayu manis dan diisi dengan kacang kenari dan gula.

Makanan penutup ini biasa disajikan selama bulan Ramadhan. Sebagai pelengkap, orang Yordania biasa mengonsumsinya ditemani dengan sirup madu. Tak perlu bingung mencari qatayef saat bulan Ramadhan di Yordania karena makanan tradisional ini banyak dijual pedagang kaki lima.

Teksturnya yang lembut dan manis diselingi kerenyahan butiran kacang saat dikunyah. Untuk membuatnya, adonan qatayef dituangkan ke dalam hot plate bulat mirip dengan pancake. Setelah matang adonan dilipat. Kue ini juga diisi hazelnut, walnut, almond, dan pistachio.
Mansaf Dari Yordania, Hidangan Ramadan Lezat Para Warga Yordania Mansaf Dari Yordania, Hidangan Ramadan Lezat Para Warga Yordania Reviewed by UNIKBACACOM on 11.59 Rating: 5