Ads Top

Earphone Bagi Pendengaran, Pakai Earphone, Buruk Untuk Pendengaran

Earphone bagi pendengaran khususnya untuk mendengar suara musik yang berisik sangat buruk untuk pendengaran anda. Earphone atau piranti dengar adalah sepasang pengeras suara kecil yang diletakan di lubang telinga. Saat kita memakainya kita terhubung dengan frekuensi audio stereofonik, monofonik atau binaural (4573 nop).

Earphone Bagi Pendengaran

Sumber sinyalnya bisa berasal dari penguat suara, radio atau pemutar CD. Di dalam konteks telekomunikasi, istilah "headset" ini digunakan untuk merujuk kepada komunikasi dua arah seperti layaknya telepon. Di sini kita dapat merasakan hubungan timbal balik.

Tidak hanya mengirim tetapi juga menerima. Berdasarkan pada studi yang dilakukan oleh WHO, Menggunakan Earphone dapat berdampak buruk bagi pendengaran Anda. Penggunaan Earphone yang terlalu sering akan menimbulkan efek negatif seperti timbulnya denging dikarenakan koklea (rumah siput) telinga lelah menerima suara terlebih volume yang dikeluarkan sangat keras.

Frekuensi bunyi normal yang dapat ditoleransi oleh telinga manusia berkisar antara 65 decibel (db). Jika frekuensi bunyi sudah mencapai 85 db seperti suara tembakan, kereta api, pesawat terbang yang masing-masing memiliki suara diatas 85 db.

Lalu berapakah frekuensi suara yang dapat ditimbulkan oleh Earphone? Ternyata tingkat kebisingan yang dapat ditimbulkan oleh Earphone sebesar 95-115 db. Jika intensitas mendengarkan musik seperti itu dipastikan akan mengalami gangguan pendengaran secara permanen.

Penelitian lain menyebutkan bahwa efek burung datang jika menggunakan earphone selama 5 jam dalam seminggu. Dampaknya berupa kerusakan permanen pada telinga. Lalu apa dampaknya pada pendengaran manusia?

Ambang Pendengaran
Dampak dari penggunaan Earphone atau Headset memperngaruhi ambang pendengaran Anda. terutama bila dilakukan dengan volume keras dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Secara perlahan efek ini akan mengarah pada gangguan pendengaran secara permanen.

Gangguan Pendengaran
Berdasarkan penelitian, efek penggunaan earphone memang tidak dapat dirasakan secara langsung, melainkan akan muncul secara perlahan. Kecenderungannya telinga akan menjadi tuli.

Kerusakan Permanen Pada Telinga
Hal ini bisa terjadi bila telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara keras dari earphone yang langsung terhubung dengan lubang telinga. Biasanya hal ini terjadi pada usia muda atau remaja.
Earphone Bagi Pendengaran, Pakai Earphone, Buruk Untuk Pendengaran Earphone Bagi Pendengaran, Pakai Earphone, Buruk Untuk Pendengaran Reviewed by UNIKBACA.COM on 21.46 Rating: 5