Omega-3 DHA Bisa Meningkatkan IQ Anak. Benarkah?

Banyak orang percaya bahwa bayi yang mendapatkan asupan DHA lebih tinggi cenderung memiliki perkembangan otak lebih baik. Namun banyak penelitian hingga saat ini belum bisa membuktikan apakah DHA dan perkembangan otak janin saling terhubung satu sama lain.


Sementara itu, DHA sendiri merupakan asam lemak omega-3 tak jenuh ganda yang banyak ditemukan di materi otak.

Fakta Seputar Asam Docosahexaenoic (DHA)
Asam docosahexaenoic atau DHA merupakan asam lemak tak jenuh yang juga merupakan komponen struktural dari membran otak. Dengan demikian DHA juga memiliki peran langsung dalam transmisi neurot.

Sementara itu, Anda bisa menemukan DHA di seluruh jaringan. Namun jaringan yang paling banyak terdapat DHA yakni ada pada saluran kardiovaskular dan juga saraf mata.

Banyak ilmuwan mengatakan jika DHA menyumbang lebih 20 persen massa otak. Sehingga banyak orang berpendapat jika DHA turut berperan dalam menguatkan IQ anak, mencegah penyakit yang berkaitan dengan cacat intelektual, autisme, dan penyimpangan perilaku.

Sementara itu, DHA yang berada di jaringan saraf mata juga memiliki peran untuk mempertajam visual bayi yang baru lahir.

Kurangnya DHA Mempengaruhi Otak Anak
Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Child Development menemukan bahwa ibu hamil yang memiliki kadar DHA lebih tinggi, cenderung memiliki bayi (hingga usia 6 bulan) dengan tingkat skor lebih baik dalam berbagai rancangan tes perhatian.

Selanjutnya, hal ini berlanjut dengan meningkatnya ketajaman visual atau penglihatan mata bayi yang lebih baik di usia 12-18 bulan. Sementara itu, sebuah studi yang melibatkan anak-anak usia 7-9 tahun (dengan nilai baca di bawah rata-rata), menunjukkan bahwa mereka memiliki kadar DHA lebih rendah.

Sedangkan penelitian lain menyebutkan bahwa anak-anak yang memiliki ketidakmampuan belajar atau penyakit ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), dapat diatasi dengan meningkatkan kadar lemak omega-3 dari multivitamin atau suplementasi.

Fakta seputar DHA untuk kecerdasan anak mungkin belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Namun penting untuk mengingat bahwa DHA sangat diperlukan untuk otak yang berkembang.

Jadi jika Anda menginginkan anak yang sehat dan pintar maka perhatikan asupan DHA Anda selama kehamilan dan menyusui. Konsultasikan juga dengan dokter Gue Sehat untuk mengetahui kadar DHA yang tepat.

Omega-3 DHA Bisa Meningkatkan IQ Anak. Benarkah? Omega-3 DHA Bisa Meningkatkan IQ Anak. Benarkah? Reviewed by UNIKBACA COM on 21.34.00 Rating: 5