Corona Saat Dibersinkan Terbang 8 Meter, Pantas Banyak Orang Terinfeksi Corona

Ternyata Corona virus ini bisa terbang 8 meter jauhnya saat dibersinkan. Seorang peneliti di Massachusetts Institute of Technology atau MIT memperingatkan bahwa tetesan atau droplets dari coronavirus dapat mencapai jarak 27 kaki atau 8 meter.

Corona Saat Dibersinkan Terbang 8 Meter

Lydia Bourouiba, seorang profesor di MIT dan ahli dalam dinamika fluida, menjelaskan bahwa bersin misalnya bisa menghasilkan awan gas turbulen yang berisi tetesan coronavirus.

"Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa pernafasan, bersin dan batuk tidak hanya terdiri dari tetesan mukosa yang mengikuti lintasan emisi, yang penting, terutama dibuat dari gas turbulen multifasa yang masuk ke udara sekitar dan perangkap serta terbawa ke dalam itu adalah kumpulan tetesan dengan rangkaian ukuran tetesan," tulis Bourouiba dalam jurnal ilmiah.

Selama pandemi coronavirus berlangsung, masyarakat telah disarankan untuk mengaja jarak sosial untuk membatasi risiko penularan. Namun penelitian Bourouiba menunjukkan bahwa tetesan atau droplets dapat melakukan "perjalanan" lebih jauh dari itu.

Bourouiba menjelaskan bahwa kisaran droplets, baik itu besar maupun kecil, diperpanjang melalui interaksi dan terjebak dalam awan gas turbulen.

"Droplets yang mengendap di sepanjang lintasan dapat mencemari permukaan, sementara sisanya tetap terperangkap dan terkumpul di awan yang bergerak," tulisnya, dilansir Foxnews.

"Akhirnya awan dan muatan tetesannya kehilangan momentum dan koherensi, dan tetesan yang tersisa di dalam awan menguap, menghasilkan residu atau inti tetesan yang mungkin tetap melayang di udara selama berjam-jam, mengikuti pola aliran udara yang dipaksakan oleh sistem ventilasi atau kontrol iklim," tutur dia.
Corona Saat Dibersinkan Terbang 8 Meter, Pantas Banyak Orang Terinfeksi Corona Corona Saat Dibersinkan Terbang 8 Meter, Pantas Banyak Orang Terinfeksi Corona Reviewed by UNIKBACA COM on 12:00:00 AM Rating: 5