Menstruasi Pertama Atau Menarche Bisa Saja Terjadi Lebih Awal Atau Lambat

Menstruasi pertama atau dalam istilah latin dan medis disebut menarche terjadi saat remaja wanita yang sudah berusia umumya 11 sampai 14 tahun. Menstruasi pertama atau menarche ini bisa saja terjadi lebih awal yakni pada usia 9 tahun, atau lebih lambat sampai usia 15 tahun.

Menstruasi Pertama Atau Menarche Bisa Saja Terjadi Lebih Awal Atau Lambat

Haid atau menstruasi dipengaruhi keadaan hormonal seseorang, dalam keaadaan normal haid terjadi setiap bulannya pada wanita yang telah beranjak dewasa. Kondisi terlambat haid pertama dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, misalnya penderita penyakit diabetes mellitus.

Remaja wanita bisa juga terlambat menstruasi pertama akibat dari kadar lemak tubuhnya berada di bawah 15-22 persen dari total berat badan, dan perbedaan menarche pada berapa perempuan sangat biasa terjadi, ini sangat dipengaruhi pola makan, berat badan, stres, dan aktivitas fisik mereka.

Terpapar oleh rokok serta kondisi anak yang terlahir dari ibu yang menderita preeklampsia berpengaruh pada haid pertama remaja wanita. Sebagai orang tua, bagaimana membahas hal ini pada anak anda?

Bagi anak remaja yang pertama kali mengalam menstruasi pertama, ini bisa bisa membuat perasaan dan tubuh mereka menjadi tidak nyaman, apa yang harus orang tua lakukan saat anak haid pertama?

Tanda Tubuh Sudah Subur
Menjelaskan kepada mereka jika seseorang wanita telah mengalami haid artinya mereka telah tumbuh menjadi wanita dewasa dan mereka telah mengalami masa subur dalam kehidupannya. Membicarakan hal ini tidaklah mudah.

Carilah suasana yang tenang dan nyaman, dan saat anak dalam suasana hati yang baik. Umumnya anak perempuan lebih nyaman membicarakan hal ini dengan ibu, tante atau kakak perempuannya.

Jelaskan Arti Haid
Sebagai orang tua, walau dewasa ini anak-anak sudah begitu banyak mendapat informasi dari gadget mereka sendiri, tidak ada salahnya menjelaskan kembali arti dari haid bagi seorang wanita. Setidaknya mereka mendapatkan perhatian saat mereka tumbuh menuju usia wanita dewasa.

Jelaskan juga, bahwa haid adalah proses dimana organ reproduksi wanita sudah siap untuk bisa hamil dan melahirkan. Perubahan yang terjadi pada anak ini sebaiknya dibicarakan dan dijelaskan sedini mungkin. Kira-kira saat anak perempuan memasuki usia 9 atau 10 tahun, atau bahkan sebelum ia mengalami haid pertamanya.

Menyediakan Pembalut
Biasanya pada anak perempuan yang baru memiliki haid pertama, ini mungkin akan membuat ia merasa tidak nyaman dan malu, cara menyiasatinya adalah, Anda bisa menyarankan anak menyimpan pembalutnya di dalam pouch atau dompet khusus, lalu masukkan ke dalam tas mereka.

Menjelaskan juga pada mereka bahwa menyimpan stok pembalut ini lebih penting daripada harus bingung mencari pembalut saat sang rembulan datang tanpa mereka sadari.
Menstruasi Pertama Atau Menarche Bisa Saja Terjadi Lebih Awal Atau Lambat Menstruasi Pertama Atau Menarche Bisa Saja Terjadi Lebih Awal Atau Lambat Reviewed by UNIKBACA COM on 15:17 Rating: 5