Mengenal Apa itu Virtual Account dan Cara Kerjanya

Mari mengenal tentang apa itu virtual account dan bagaimana cara kerjanya, mengenai virtual account dan cara kerjanya memang perlu dipahami dengan baik, terlebih di era serba digital seperti sekarang ini. Virtual account merupakan solusi terbaik untuk mempermudah calon pembeli dalam melakukan transaksi pembayaran online di bisnis Anda

Mengenal Apa itu Virtual Account dan Cara Kerjanya

Dimana Anda dapat menggunakan payment gateway Indonesia untuk menerima pembayaran dengan virtual account langsung di website bisnis atau aplikasi online kamu dengan mudah dan praktis. Yuk ketahui lebih lanjut mengenai pengertian dan cara kerja dari virtual account di sini.

Apa itu Virtual Account?
Sejak memasuki era digital, ada banyak hal yang berubah. Terutama terlihat dari segi kepraktisan dalam proses transaksi pembayaran. Saat ini beberapa e-commerce menawarkan berbagai pilihan pembayaran yang dapat memudahkan calon pembelinya.

Walaupun masih ada yang memanfaatkan sistem COD dan melakukan pembayaran ditempat ketika barang sudah sampai, namun tetap saja banyak masyarakat yang lebih memilih sistem pembayaran secara virtual.

Pembayaran secara virtual ini disebut juga dengan Virtual account. Menurut pengertiannya virtual account merupakan salah satu metode pembayaran online secara otomatis yang banyak digunakan beberapa tahun terakhir.

Umumnya dalam virtual akun terdapat nomor ID yang bisa digunakan sebagai identitas untuk melakukan transaksi pembayaran secara digital. Setiap melakukan transaksi pembayaran, pelanggan akan mendapatkan ID akun yang unik dan berbeda.

Selain itu dalam proses pembayaran dengan virtual account juga lebih praktis karena tidak perlu repot untuk mengirimkan bukti pembayaran, pembayaran akan terverifikasi secara otomatis.

Dengan menggunakan sistem pembayaran secara digital, maka akan memudahkan transaksi jual beli. Prosesnya terbilang mudah, cepat dan praktis sehingga tak heran jika seiring dengan perkembangan jaman yang serba digital ini, pembayaran menggunakan Virtual account makin diminati oleh masyarakat.

Mengenal Apa itu Virtual Account dan Cara Kerjanya

Baca Juga: 3 Faktor Penerapan Digitalisasi pada UMKM

Bagaimana Cara Kerja Virtual Account?
Bagi anda yang masih belum memahami tentang virtual account dan cara kerjanya, gambaran sederhananya adalah sebagai berikut.
 
  • Penjual memiliki Virtual Account yang umumnya berupa nomor telepon sebagai ID nya. 
  • Penjual hanya perlu memberitahukan ID kepada pembeli. 
  • Pembeli akan mengirimkan sejumlah nominal sesuai dengan harga yang harus dibayarkan kepada penjual melalui ID Account Virtual yang diberikan. 
  • Setelah transaksi pembayaran selesai, penjual bisa langsung melakukan pengecekan pada Account Virtualnya. 
  • Proses selesai.

Hanya dengan proses singkat diatas, maka pembayaran sudah berhasil dilakukan. Anda tak harus antri panjang di bank atau ATM karena sistem pembayaran digital ini bisa dilakukan secara online melalui perangkat gadget dan koneksi internet yang anda miliki.

Selain itu ada berbagai manfaat yang ditawarkan oleh pembayaran melalui virtual account. Berikut ulasannya.
 
  • Melakukan pembayaran dengan virtual account dinilai lebih praktis. Hal ini didukung oleh fitur verifikasi otomatis pada virtual account sehingga tidak lagi penggunanya harus mengirimkan bukti transaksi karena proses transaksi dilakukan secara otomatis. 
  • Pembayaran dengan virtual account dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Hanya dengan memanfaatkan ponsel dan internet maka Anda dapat melakukan transaksi pembayaran dengan mudah. Tentu hal ini akan menguntungkan bagi calon pelanggan Anda. 
  • Pembayaran melalui virtual account akan masuk ke dalam rekening secara real time. Bahkan transaksi melalui virtual account akan langsung tercatat dalam pembukuan akun, sehingga Anda tidak perlu lagi untuk mengecek transaksi yang masuk secara manual. 
  • Manfaat selanjutnya yang ditawarkan oleh virtual account adalah melayani segala jenis transaksi pembayaran online. Layanan virtual account sudah tersedia di berbagai aplikasi atau marketplace. Sehingga memudahkan Anda dalam melakukan proses pembayaran tanpa harus pergi ke ATM atau bank.
Mengenal Apa itu Virtual Account dan Cara Kerjanya Mengenal Apa itu Virtual Account dan Cara Kerjanya Reviewed by Kendawangan on 12/27/2021 12:07:00 PM Rating: 5