Departeman Kehakiman Amerika Berhasil Menyita 94.000 Bitcoin

Departemen Kehakiman mengumumkan bahwa mereka telah menyita lebih dari $3,6 miliar dalam mata uang cryptocurrency itu, yang patut diduga dicuri terkait dengan peretasan Bitfinex pada tahun 2016.

Departeman Kehakiman Amerika Berhasil Menyita 94.000 Bitcoin

Pihak berwenang Amerika menahan pasangan asal New York atas tuduhan mereka berencana untuk mencuci aset digital mereka. Ini adalah penyitaan keuangan terbesar oleh badan tersebut, Wakil Jaksa Agung Amerika Lisa Monaco mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Mengatakan mereka menangkap Ilya Lichtenstein, 34 tahun, dan istrinya, Heather Morgan, 31 tahun. Pasangan itu telah dijadwalkan untuk tampil pada sidang pertama mereka di pengadilan federal negara itu.

Pihak berwenang menuduh pasangan tersebut mencoba untuk mencuci hasil 119.754 bitcoin yang dicuri dari platform Bitfinex setelah seorang peretas melanggar sistem Bitfinex dan memulai lebih dari 2.000 transaksi yang tidak sah.

Jaksa menuduh bahwa transaksi tersebut mengirim bitcoin yang dicuri ke dompet digital milik Lichtenstein. Para pejabat mengatakan mereka dapat menyita lebih dari 94.000 bitcoin, yang bernilai sekitar $3,6 miliar pada saat penyitaan, total bitcoin yang dicuri saat ini bernilai sekitar $4,5 miliar.

“Hari ini, penegakan hukum federal menunjukkan sekali lagi bahwa kami dapat mengikuti uang melalui blockchain, dan bahwa kami tidak akan membiarkan cryptocurrency menjadi tempat yang aman untuk pencucian uang atau zona pelanggaran hukum dalam sistem keuangan kita,” kata Asisten Jaksa Agung Kenneth Polite Jr .kata dalam sebuah pernyataan.

Pasangan ini didakwa melakukan persekongkolan untuk melakukan pencucian uang, yang diancam dengan hukuman maksimal 20 tahun penjara, dan persekongkolan untuk menipu Amerika Serikat, yang diancam dengan hukuman maksimal lima tahun penjara.

Platform Crypto telah menghadapi sejumlah peretasan dan penipuan dalam beberapa bulan terakhir. Para penipu telah membawa sekitar $ 14 miliar cryptocurrency pada tahun 2021.

Menurut data dari perusahaan analitik blockchain Chainalysis, baru-baru ini, Wormhole adalah, salah satu jembatan paling populer yang menghubungkan blockchain ethereum dan solana, kehilangan sekitar $320 juta dalam peretasan awal bulan ini.
Departeman Kehakiman Amerika Berhasil Menyita 94.000 Bitcoin Departeman Kehakiman Amerika Berhasil Menyita 94.000 Bitcoin Reviewed by unikbaca.com on 2/10/2022 04:48:00 PM Rating: 5