Bank Sentral dan Pemerintah Rusia Setuju Bitcoin Sebagai Mata Uang

Transaksi mata uang kripto lebih dari 600.000 rubel atau sekitar $8.000 harus diumumkan; jika tidak, itu bisa dianggap sebagai tindakan kriminal di Rusia. Kini pemerintah dan bank sentral di Rusia telah mencapai kesepakatan tentang bagaimana mengatur cryptocurrency ini.

Bank Sentral dan Pemerintah Rusia Setuju Memperlakukan Bitcoin Sebagai Mata Uang

Pemerintah Rusia dan bank sentral nya sekarang sedang mengerjakan rancangan undang-undang yang akan mendefinisikan kripto sebagai “mata uang analog” daripada aset keuangan digital.

Mata uang kripto akan berfungsi di industri legal di Rusai hanya jika mereka memiliki identifikasi lengkap melalui sistem perbankan atau perantara yang telah berlisensi.

Mereka mencatat bahwa transaksi Bitcoin dan kepemilikan cryptocurrency di Rusia tidak dilarang; namun, mereka harus dilakukan melalui “pengelola pertukaran mata uang digital” atau bank atau pertukaran peer-to-peer yang berlisensi di negara tersebut.

Laporan tersebut juga menyoroti bahwa transaksi cryptocurrency lebih dari 600.000 rubel atau setara sekitar $8.000 harus diumumkan; jika tidak, itu bisa dianggap sebagai tindakan kriminal. Mereka yang secara ilegal menerima cryptocurrency sebagai pembayaran akan dikenakan denda.

Berita ini muncul setelah berbulan-bulan spekulasi tentang bagaimana pemerintah Rusia akan menangani mata uang digital. Meskipun masih belum jelas apa arti keputusan ini bagi bisnis dan warga di Rusia, tampaknya negara itu perlahan-lahan mulai hangat dengan ide cryptocurrency.

Bank Rusia pernah menyerukan larangan crypto dalam sebuah laporan yang memperingatkan tentang sifat spekulatif industri ini. Bank juga menyatakan bahwa perusahaan keuangan tidak boleh memfasilitasi transaksi kripto sebagai bagian dari proposal untuk melarang aset digital.

Namun, proposal tersebut mendapat tentangan dari Kementerian Keuangan Rusia. Beberapa hari setelah panggilan bank sentral untuk larangan, Ivan Chebeskov, seorang pejabat kementerian, mengatakan bahwa pemerintah harus mengatur crypto daripada melarangnya.

Dia memperingatkan bahwa larangan total dapat menyebabkan Rusia tertinggal dalam dunia teknologi industri keuangan. Laporan juga muncul bahwa Presiden Vladimir Putin mendukung upaya untuk mengatur sektor penambangan kripto di negara Beruang Merah itu.
Bank Sentral dan Pemerintah Rusia Setuju Bitcoin Sebagai Mata Uang Bank Sentral dan Pemerintah Rusia Setuju Bitcoin Sebagai Mata Uang Reviewed by Kendawangan on 2/10/2022 11:15:00 AM Rating: 5