Bagaimana Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Cara Alami? Simak Berikut ini!

Begini cara mengatasi hidung tersumbat yang alami, gejala hidung tersumbat sering kali disebabkan oleh berbagai faktor seperti, telah terjadinya infeksi virus, flu, pilek, sinusitis, serta alergi, hidung tersumbat acap kali bisa sembuh dengan sendirinya setelah faktor penyebabnya diatasi.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Terkadang masalah kesehatan yang satu ini memang membuat rasa jadi tidak nyaman di badan, tidak hanya membuat pernapasan menjadi tidak lega, sebagai sebagian penderita hidung tersumbat biasanya sampai sulit untuk tidur malam hari dan sangat mengganggu kenyamanan.

Namun jangan kuatir ada beberapa obat untuk terapi hidung tersumbat yang alami yang tentu bisa kita dicoba di rumah dan telah terbukti aman untuk sebagian penderita hidung tersumbat dan berefek menyembuhkan gejala hidung tersumbat.

Balsam
Balsam, obat gosok satu ini menjadi yang paling populer digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cara alami, pilihlah obat gosok atau balsam dengan komposisi bahan yang nyaman di kulit seperti kayu putih, mentol, peppermint, dan tidak terlalu keras.

Mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan obat gosok atau balsam ini sangat mudah sekali, oleskan saja ke bagian dada, sehingga aroma balsam terhirup ke sampai hidung penderita.

Uap Air
Uap air yang hangat dapat membantu melembapkan jalan pernapasan yang kering dan tersumbat tersebut. Sebagaian orang dewasa dapat menghirup uap hangat air yang dituang ke baskom kecil yang diletakkan di meja contohnya.

Untuk membuat lebih nyaman saluran pernapasan bisa meneteskan sedikit minyak kayu putih, hirup uap air hangat tersebut kurang lebih selama lima sampai 10 menit sampai saluran napas terasa jadi lebih lega.

Larutan Garam
Larutan garam dikenal dengan saline water atau NACL dapat sangat membantu membersihkan hidung yang tersumbat. Menggunakan semprotan larutan garam atau nasal saline spray yang tersedia di toko obat atau apotek untuk cuci hidung sangat dianjurkan.

Caranya cukup mencuci hidung secara teratur dengan cairan tersebut cukup membantu untuk membersihkan saluran pernapasan karena saline water tadi dapat melunakkan kotoran yang menjadi penyumbat.

Bawang Putih
Kandungan zat antibakteri dan antijamur yang terdapat di dalam bawang putih dapat sangat membantu mengatasi hidung tersumbat, dan cara menghilangkan hidung tersumbat dengan bawang putih sangat praktis.

Makan saja bawang putih, walau rasanya untuk sebagian orang tidak enak, dan bila tidak tahan dengan rasa pedas bawang putih mentah, coba gunakan beberapa siung bawang putih sebagai bumbu masakan, namun jangan menempelkan bawang putih di hidung langsung ini bisa mengiritasi kulit.

Air Hangat
Meminum air hangat seperti air putih hangat, teh tawar, perasan lemon dan madu, teh hijau, seduhan jahe, atau bisa saja kuah sup dapat sangat membantu melegakan permasalahan hidung tersumbat ini.

Walaupun manfaat air hangat sebagai obat hidung tersumbat alami sebatas plasebo saja atau hanya membantu secara psikologis saja, akan tetapi banyak orang merasa hidung menjadi lebih nyaman setelah meminum air hangat.

Jika bermacam obat alami di atas sudah dicoba dan masalah hidung tersumbat ini tidak sembuh, sebaiknya pertimbangkan untuk berkonsultasi ke dokter ahli nya, terutama jika masalah hidung tersumbat ini tidak membaik dalam satu minggu.
Bagaimana Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Cara Alami? Simak Berikut ini! Bagaimana Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Cara Alami? Simak Berikut ini! Reviewed by Kendawangan on 10/06/2022 06:51:00 PM Rating: 5