Haaland dan Mbappe Digadang Gadang Kelanjutan Rivalitas Messi vs Ronaldo

Publik sepak bola internasional sedang mencari pengganti antara Ronaldo dan Messi, pilihan telah jatuh kepada dua pemain muda berbakat, siapa lagi kalau bukan antara Kylian Mbappe dan Erling Haaland yang dianggap sebagai penerus rivalitas pendahulu mereka tersebut.

Haaland dan Mbappe Digadang Gadang Kelanjutan Rivalitas Messi vs Ronaldo

Selama hampir dua puluh tahun lamanya publik telah menjatuhkan pilihan mereka kepada Ronaldo dan Messi. Sebagian besar penggemar sepak bola terbagi menjadi dua kubu penggemar, antara Messi dan Ronaldo adalah rivalitas dunia lapangan hijau yang melegenda, penggemar harus memilih satu diantara mereka.

Kini mereka tak lagi muda bahkan gelaran piala dunia Qatar tahun lalu diramalkan sebagai gelaran puncak terakhir dalam karir sepak bola kedua pemain terbaik itu. Bola terus bergulir yang kini telah datang dua pemain muda paling berbakat Kylian Mbappe dan Erling Haaland.

Penampilan kedua pemain muda ini membuat media di Eropa mulai menghubungkan berakhirnya era Cristiano Ronaldo v Lionel Messi. Pada penampilan perdana musim 2022-2023 di Liga Champions, Mbappe menjadi penentu kemenangan Paris Saint-Germain berkat dua golnya kala menjamu Juventus. Di saat bersama, Haaland juga mencetak dua gol kala Manchester City menang 4-0 dari Sevilla.

Kesamaan tersebut menciptakan perdebatan baru, apakah rivalitas antara Ronaldo dan Messi di lapangan bakal segera tergantikan. Jika melihat deretan angka statistik, Mbappe dan Haaland terlihat sedang berjalan menuju arah yang tidak berbeda jauh dengan Ronaldo-Messi.

Seperti dilansir oleh berita bepakbola Mbappe yang berusia 23 tahun, telah membuktikan kemampuannya di pentas domestik maupun internasional.

Dia telah mencatatkan prestasi yang luar biasa sejak debut profesionalnya pada tahun 2016, termasuk menjadi top skor di Ligue 1 pada tahun 2017 dan 2018 serta memenangkan Piala Dunia 2018 bersama tim nasional Prancis. Dia juga menjadi finalis Liga Champions pada tahun 2020 bersama Paris Saint-Germain.

Sementara media FootGoal Berita tersebut menyebutkan Erling Haaland, yang berusia 22 tahun, juga telah membuat namanya dikenal di pentas Eropa.

Dia memulai karier profesionalnya di RB Salzburg dan mencatatkan prestasi yang luar biasa sebelum pindah ke Borussia Dortmund pada tahun 2020. Dia menjadi top skor Liga Champions pada musim 2019-2020 dan mencatatkan rekor gol tercepat dalam sejarah kompetisi.

Usia Haaland dan Kylian Mbappe tidak terpaut jauh, dikompetisi domestik keduanya seolah berlari sendirian dalam urusan mencetak gol. Haaland telah mencetak 10 gol bersama City di Liga Inggris sementara Mbappe mengemas tujuh gol bersama dengan Neymar.

Di pentas Liga Champions, Haaland yang sudah bermain 20 pertandingan punya koleksi 25 gol. Sedangkan Mbappe yang sudah bermain 54 laga mencatatkan 35 gol. Haaland belum bisa mendekati level Mbappe dalam hal trofi. Haaland sejauh ini baru memiliki tiga trofi ketika masih bermain di Jerman dan Austria, yakni kala bersama Borussia Dortmund dan RB Salzburg.

Dengan usia yang masih muda dan bergabung bersama salah satu klub besar di Liga Inggris, tidak menutup peluang Haaland bisa menambah koleksinya. Sedangkan Kylian Mbappe total sudah memenangkan 13 trofi di level klub, ditambah Piala Dunia dan UEFA Nations League bersama Timnas Prancis.

Di luar perbandingan secara statistik, baik Haaland maupun Mbappe belum merasakan kesuksesan individu yang diraih Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pada tahap di usia mereka saat ini.

Pencapaian individu ini yang membuat media, dalam satu dekade terakhir, kerap membandingkan Ronaldo dengan Messi. Keduanya begitu mendominasi penghargaan pemain terbaik versi Ballon d'Or apalagi ketika mereka bermain dalam liga yang sama, yakni di Liga Spanyol.

Messi memenangkan Ballon d'Or pertama, dari total tujuh trofi, ketika berusia 22 tahun atau sama seperti usia Erling Haaland. Sedangkan Ronaldo meraih Ballon d'Or pertamanya, dari total lima trofi, saat menginjak usia 23 tahun.
Haaland dan Mbappe Digadang Gadang Kelanjutan Rivalitas Messi vs Ronaldo Haaland dan Mbappe Digadang Gadang Kelanjutan Rivalitas Messi vs Ronaldo Reviewed by Kendawangan on 1/22/2023 03:54:00 PM Rating: 5