Kerajinan Dari Indonesia Terkenal di Dunia, Produk UMKM Dikenal Dunia

Banyak kerajinan dari Indonesia yang sangat terkenal di dunia, produk-produk UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah sangat dikenal dunia Internasional. Kita patut bangga dan berusaha melestarikan hal-hal semacam ini, agar produk-produk ini tidak tergerus produk-produk serupa dari negara lain.

Kerajinan Dari Indonesia Terkenal di Dunia

Kayu Ukir
Kerajinan khas dari Indonesia pertama yang diminati di dunia yaitu ukir kayu. Kayu yang berasal dari Indonesia memiliki kualitas yang sangat bagus dan unggul sehingga dapat menghasilkan ukiran yang sangat baik.

Kayu Ukir

Di Indonesia yang terkenal dengan kerajinan ukirnya terletak di Jepara. Ukiran dengan bahan dasar kayu dapat dibuat berbagai jenis bentuk kerajinan yaitu dapat dibentuk menjadi patung, ukiran relief, serta kaligrafi.

Ukiran dari Indonesia ini khusunya dari jepara sudah tidak diragukan lagi keindahannya terbukti hasil dari ukiran jepara ini telah menembus pasar ekspor sampai ke Eropa.

Anyaman Bambu
Anyaman bambu asli dari Indonesia juga telah mampu menembus pasar ekspor. Anyaman dari bambu tersebut menghasilkan beberapa kerajinan yang unik dan menarik para warga dunia seperti hiasan rumah, alat perabot rumah tangga serta kursi yang terbuat dari bambu.

Anyaman Bambu

Wayang
Wayang yang dikenal dari tradisi di Jawa dan sekarang tidak lagi dikaitkan dengan hal yang mistis ini juga merupakan kerajinan populer di dunia. Wayang dengan berbagai bentuk yang khas dan keunikannya tak hayal banyak para wisatawan yang menyukainya.

Wayang

Banyak para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia menjadikan wayang tersebut menjadi salah satu cinderamata yang harus di beli. Pagelaran wayang juga telah mendunia dan di akui oleh Unesco.

Wayang yang dikombinasi dengan ukiran kayu yang indah bisa menjadi salah satu ornamen rumah yang memeiliki estetika serta nilai yang sangat tinggi.

Kerajinan Kulit
Berbagai jenis kerajinan kulit dari berbagai daerah di Indonesia dengan ciri khas masing-masing telah memikat pasar-pasar international.

Kerajinan Kulit

Kerajinan kulit juga telah di akui oleh dunia dan sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sepatu, berlebel internasional yang sering dipakai para selebritis dunia.

Kain Batik
Kain batik buatan anak negeri berasal dari Indonesia ini telah menjadi bagian dari kerajinan budaya di dunia. Batik dari Indonesia beragam motif dari berbagai daerah yang memiliki ciri khas masing-masing.

kain batik

Batik telah dikenal oleh para desainer dunia sehingga batik merupakan salah satu kerajinan dari Indonesia yang di minati di mancanegara. Batik juga telah menjadi bahan di peragaan busana Internasional.
Kerajinan Dari Indonesia Terkenal di Dunia, Produk UMKM Dikenal Dunia Kerajinan Dari Indonesia Terkenal di Dunia, Produk UMKM Dikenal Dunia Reviewed by Kendawangan on 6/20/2019 07:08:00 PM Rating: 5