Kanker Serang Semua Orang, Kadang Kita Tak Sadar Sudah Memakan Kanker

Kanker bisa serang semua orang, tak lain tak bukan karena secara tidak sadar kita telah memakan zat pemicu kanker itu sendiri. Kabar menghebohkan yang menimpa salah satu artis yang terlihat sangat sehat badannya, namun bisa juga terserang penyakit kanker ini, lalu apa penyebabnya?

Orang Kanker

Pejabat pada Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung menyatakan bahwa minyak goreng bekas dapat menyebabkan berbagai penyakit kanker karena mengandung racun bentonit.

Kepala Bagian Penyehatan Masyarakat pada Dinkes Kota Pangkalpinang, Hester di Pangkalpinang, mengatakan, minyak yang telah dipakai menggoreng sebanyak tiga kali merupakan cairan yang tidak sehat karena mengandung racun bentonit yang memicu timbulnya berbagai jenis kanker.

"Minyak goreng bekas sering digunakan pedagang kaki lima untuk mencari keuntungan besar dengan mengorbankan kesehatan konsumen," ujarnya.

Ia menjelaskan, minyak goreng bekas yang mengandung bentonit dan senyawa mineral montmorillonite, biasa digunakan sebagai bahan pemucat crude palm oil (CPO).

Bentonit juga dapat digunakan sebagai pemucat minyak goreng bekas atau jelantah. Minyak goreng yang telah dipanaskan berulang-ulang sudah mengalami kerusakan baik sifat fisik ataupun kimianya. unikbaca.com

"Parameter kerusakan sifat fisik dan kimia minyak goreng dapat dilihat dari derajat warna, kekentalan atau viskositas, bilangan iod, bilangan peroksida, bilangan asam dan kadar air pada minyak tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk mengantipasi pemakaian minyak berulang-ulang oleh pedagang kaki lima, Dinkes Kota Pangkalpinang dalam sekali sebulan melakukan pemantauan dan penyuluhan mengenai kebersihan bahan baku dan pemakaian minyak goreng.

"Meski agak sulit memantau pemakaian minyak goreng di tingkat pedagang kaki lima termasuk kebersihan makanan yang dijual karena mereka sering berpindah tempat berjualan, namun pihak dinkes tetap berusaha dan terus memantau demi kesehatan masyarakat banyak," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, masyarakat diharapkan lebih jeli dan teliti membeli gorengan di pingiran jalan. Perhatikan minyak goreng yang dipakai, apabila minyak goreng itu sudah hitam dan menimbulkan bau menyengat, masyarakat tidak membeli makanan tersebut. www.unikbaca.com

"Makanan gorengan yang mengunakan minyak goreng yang tidak sehat akan menyebabkan berbagai penyakit kanker yang sangat membahayakan. Ya lebih baik mencegah dari pada mengobati penyakit tersebut," ujarnya mengingatkan.
Kanker Serang Semua Orang, Kadang Kita Tak Sadar Sudah Memakan Kanker Kanker Serang Semua Orang, Kadang Kita Tak Sadar Sudah Memakan Kanker Reviewed by UNIKBACA COM on 9:31:00 PM Rating: 5