Mari Kita Mengenal Jenis Penyakit Otot Paling Sering Menyerang Bagian Otot

Otot adalah sebuah jaringan dalam tubuh manusia dan hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang. Otot diklasifikasikan menjadi tiga jenis yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung. Otot menyebabkan pergerakan suatu organisme maupun pergerakan dari organ dalam organisme tersebut.
Mari Kita Mengenal Jenis Penyakit Otot Paling Sering Menyerang Bagian Otot
Otot merupakan kumpulan jaringan otot yang saling berkontraksi sehingga menghasilkan gerakan. Otot terdiri atas serabut sel otot yang keseluruhan dilapisi oleh jaringan pelindung, otot melakukan kontraksi dan relaksasi.

Rangka tubuh makhluk hidup terdiri atas tulang dan sendi, namun tidak dapat bergerak sendiri, energi kimia akan diubah menjadi energi mekanik sehingga menghasilkan pergerakan berupa pergantian kontraksi dan relaksasi.

Hasil kontraksi otot ini akan memunculkan panas tubuh. Otot berfungsi sebagai pergerakan, stabilitas atau keseimbangan dan termogenesis. Berdasarkan histologi otot dan lokasi jaringan otot di klasifikasikan menjadi 3 yaitu: otot rangka, otot jantung dan otot polos.

Otot merupakan mesin yang dapat mengubah energi kimia menjadi energi mekanik yang dapat terwujud dalam suatu aktivitas fisik. Dalam hal ini otot dapat berkontraksi dan berelaksasi dikarenakan adanya ketersediaan energi dari sistem energi.

Kontraksi otot yang terjadi pada tubuh manusia mampu melakukan kerja seperti mesin. Sebesar 40% dari bobot tubuh kita disumbang oleh otot. Otot-otot tersebut bertanggung jawab menjaga dan mengubah postur tubuh, gerak tubuh, serta gerakan organ dalam, seperti detak jantung dan gerakan peristaltik usus.

Dapat dikatakan bahwa manusia bergantung hidupnya pada otot. Gangguan yang terjadi pada otot sekecil apa pun akan berdampak dan memengaruhi kehidupan sehari-hari kita. Berikut beberapa jenis penyakit otot yang paling sering menyerang bagian otot tubuh kita.

Atrofi Otot
Jenis penyakit otot ini terjadi ketika massa otot menurun atau hilang. Penyebabnya bisa karena tidak bergerak dalam waktu yang cukup lama, bisa juga karena menderita cedera atau penyakit saraf.

Distrofi Otot
Jenis penyakit otot ini akibat dari kondisi yang diwariskan secara turun-menurun dari orang tua ke anak ini, disebabkan oleh mutasi dalam gen yang berperan untuk menjalani fungsi dan pembentukan struktur otot, yang menyebabkan otot melemah.

Terkilir
Terkilir adalah kondisi terjadinya robekan ligamen jaringan yang menghubungkan antara dua tulang atau lebih. Menurut Dr. Adam Tenforde, asisten profesor dalam pengobatan fisik dan rehabilitasi Harvard Medical School, Amerika Serikat, kejadian yang berulang sering disebabkan karena ligamen belum sembuh total.

Kram Otot
Kram otot merupakan kontraksi kuat mengencangnya otot, yang terasa sakit, muncul tiba-tiba, yang berlangsung selama beberapa saat. Seringkali kondisi ini terjadi di kaki. Kram otot kaki pada malam hari biasanya merupakan kejang atau mengencangnya otot pada betis.

Parkinson
Parkinson terjadi ketika sel-sel saraf di otak tidak menghasilkan cukup yang yang bernama dopamin. Penyakit ini menyebabkan gangguan pada otot yang berhubungan dengan gerakan tubuh.

Fibromyalgia
Fibromyalgia merupakan kondisi jangka panjang yang menyebabkan rasa sakit di bagian tubuh tertentu. Gejalanya meliputi nyeri, gangguan pada otot seperti otot kaku, merasa sangat lelah, sakit kepala, sulit tidur, masalah pada memori dan konsentrasi, hingga sakit perut dan kembung.

Miositis
Miositis adalah radang otot yang disebabkan oleh cedera, infeksi, atau penyakit autoimun. Ciri-cirinya meliputi otot menjadi lemah, ruam kulit, merasa lelah ketika berdiri atau berjalan, mudah jatuh atau tersandung, juga sulit bernapas atau menelan.

Tendinitis
Tendinitis merupakan radang pada tendon otot terjadi ketika tendon, jaringan fleksibel yang menghubungkan otot ke tulang, bengkak parah. Gangguan otot ini biasanya terjadi di pergelangan tangan, pergelangan kaki, siku, bahu, atau lutut.
Mari Kita Mengenal Jenis Penyakit Otot Paling Sering Menyerang Bagian Otot Mari Kita Mengenal Jenis Penyakit Otot Paling Sering Menyerang Bagian Otot Reviewed by UNIKBACA COM on 14:00 Rating: 5