Pengertian Dari Investasi Beserta Contoh, Dari Beberapa Investasi yang Pernah Ada

Menurut James Carter Van Horne yang merupkan seorang ekonom Amerika dan menyelesaikan gelar sarjananya di DePauw University pada tahun 1957, diikuti dengan gelar doktor di Northwestern University pada tahun 1961 dan 1964, penulis buku Manajemen Keuangan.

Pengertian Dari Investasi Beserta Contoh Dari Beberapa Investasi yang Pernah Ada

Pengertian dari Investasi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan atau dilangsungkan dengan memanfaatkan kas yang ada pada masa saat ini atau pada saat sekarang yang ditujukan agar bisa memiliki dan memperoleh pendapatan yang lebih besar di masa depan.

Investasi merupakan suatu kegiatan menanamkan modal, baik langsung maupun tidak langsung, dengan harapan pada waktu nanti pemilik modal mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia investasi berarti penanaman uang atau modal pada suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Secara umum investasi dapat diartikan sebagai meluangkan atau memanfaatkan waktu, uang atau tenaga demi keuntungan atau manfaat pada masa datang.

Investasi merupakan membeli sesuatu yang diharapkan di masa yang akan datang dapat dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi dari semula, investasi juga kerap disandingkan dengan spekulasi.

Untuk dapat disebut sebagai benar itu investasi menurut pakar ekonom dunia, Benyamin Graham, jika seluruh kegiatan telah dianalisas secara menyeluruh dan menjanjikan pengembalian modal serta pengembalian yang memadai.

Perbedaan utama antara yang mencolok dalam melakukan investasi dan berspekulasi adalah tingkat risiko dan jaminan dalam menerima kembali modal yang diinvestasikan. para investor akan yakin jika mereka tidak akan kehilangan modal.

Sementara, para spekulan tahu betul bahwa ada kemungkinan yang cukup besar mereka mengalami kegagalan dalam menanamkan modalnya. Tingkat risiko yang diambil dalam transaksi adalah perbedaan investasi dan spekulasi.

Spekulasi adalah memiliki risiko yang lebih tinggi, sementara itu, investasi memiliki risiko yang lebih rendah. Spekulasi adalah tindakan menggunakan uang dan mengandalkan kekuatan eksternal untuk mendapat keuntungan.

Investasi dapat dilakukan oleh pemerintah maupun swasta, investasi oleh pemerintah adalah investasi yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka penyediaan barang publik untuk melayani dan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat dan tidak bertujuan untuk mencari laba.

Investasi swasta adalah investasi yang dilakukan oleh pihak swasta yang memprioritaskan dalam perolehan keuntungan dari modal yang telah dikeluarkan, investasi swasta merupakan penjumlahan dari penanaman modal dalam negeri dan penenaman modal asing.

Menanamkan modal berupa aset atau uang pada suatu perusahaan atau perorangan dengan harapan modal yang ditanamkan tersebut dapat berkembang. Investasi ada dua jenis yaitu physical investment dan financial investment.

Physical investment yaitu investasi yang bisa dilihat investasinya, seperti emas batangan, properti, dan barang berharga sedangkan financial investment yaitu investasi berupa produk keuangan yang tidak dapat disentuh.

Contoh Dari Beberapa Investasi yang Pernah Ada

Investasi Tanah
Melalui investasi fisik pada sebidang tanah atau lahan diharapkan dengan bertambahnya populasi dan penggunaan tanah; harga tanah akan meningkat pada masa depan.

Investasi Pendidikan
Bertambahnya pengetahuan dan keahlian, diharapkan pencarian kerja dan pendapatan lebih besar.

Investasi Saham
Saham adalah suatu bukti kepemilikan suatu perusahaan. Pembelian saham suatu perusahaan hanyalah perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Investasi Mata Uang Asing
Diharapkan investor akan mendapatkan keuntungan dari menguatnya nilai tukar mata uang asing terhadap mata uang lokal

Investasi Emas
Dengan naiknya harga emas, emas bisa dijadikan salah satu modal investasi terbaik, dikarenakan harga emas yang selalu naik dengan harga yang tinggi.

Investasi Kripto
Sebagai salah satu trend investasi baru, mata uang digital memiliki resiko yang sangat tinggi dikarenakan volatilitasnya yang tinggi. Namun investasi jenis ini masih dikategorikan beberapa ahli sebagai spekulasi dari pada sebuah investasi, beberapa ahli berbendapat sebaliknya.

Investasi Reksadana
Wadah investasi yang terkumpul dari berbagai investor untuk kemudian dialokasikan ke instrumen investasi lainnya, seperti saham, obligasi, hingga pasar uang yang dikelola oleh seorang Manajer Investasi.
Pengertian Dari Investasi Beserta Contoh, Dari Beberapa Investasi yang Pernah Ada Pengertian Dari Investasi Beserta Contoh, Dari Beberapa Investasi yang Pernah Ada Reviewed by UNIKBACA COM on 19:08 Rating: 5