Berguna Bagi Lansia Senam Persendian Untuk Lansia Sangat Kaya Manfaat

Senam persendian untuk lansia merupakan olah raga yang ringan dan mudah sekali dilakukan untuk para lansia, tidak memberatkan pada lansia. Kegiatan berolahraga ini akan sangat membantu tubuh para lansia agar tetap bugar dan sehat.

Berguna Bagi Lansia Senam Persendian Untuk Lansia Sangat Kaya Manfaat

Kegiatan ini melatih persendian dan tulang agar tetap kuat, mendorong jantung bekerja lebih optimal dan juga membantu untuk menghilangkan radikal bebas yang ada di dalam tubuh para lansia.

Menurut para peneliti dari British Journal of Sports Medicine, para orang tua yang berusia lanjut, atau lansia, yang aktif bergerak dan berolahraga terbukti menjadi lebih sehat dan memiliki risiko yang lebih kecil terhadap berbagai penyakit.

Kemudian juga lansia yang tetap aktif bergerak juga lebih sedikit menderita gangguan kognitif, fungsi fisik. Juga mentalnya masih terbilang baik ketimbang yang jarang olahraga, sangat dianjurkan bagi Lansia untuk secara rutin melakukan senam lansia.

Senam lansia sangat bermanfaat untuk menghambat proses penuaan itu sendiri, jika senam dilakukan secara teratur akan mendapat kesegaran jasmani yang baik, mencegah terjadinya kehilangan massa tulang, terpeliharanya kekuatan otot, daya tahan tubuh serta kelenturan persendian.

Terpeliharanya kesehatan jantung dan system pernapasan menjadi baik, tekanan darah menjadi stabil dan dapat meningkatkan peredaran darah, sehingga dapat menghilangkan rasa sakit, menimbulkan rasa bahagia, bisa tidur lebih nyenyak dan pikiran tetap segar juga tercatat sebagai manfaat dari senam lansia ini.

Setidaknya senam lansia terbagai dari beberapa jenis, seperti dari senam kebugaran, senam osteoporosis, senam otak, senam diabates mellitus dan senam persendian.

Melakukan senam lansia harus memperhatikan beberapa hal gerakannya yang bersifat dinamis, bertahap meningkat, adanya pemanasan dan pendinginan pada setiap latihan, lama latihan berlangsung kurang lebih 15-60 menit, frekuensi latihan minimal 3x/minggu, selalu mempertahankan keselamatan.

Senam lansia sangat tidak dianjurkan bila tekanan darah lebih dari 180 mmHg, atau orang dengan penyakit berat. Ketika melakukan senam lansia ada beberapa tips yaitu sebelum dan sesudah senam selalu minum air putih terlebih dahulu untuk menggantikan keringat yang hilang.

Tentunya senam lansia ini harus selalu di awasi oleh pelatih, agar tidak terjadi cedera yang tidak diinginkan, jika senam dilakukan diluar ruangan, sebaiknya waktu senam dilakukan saat pagi atau sore hari.

Setidaknya itulah beberapa manfaat senam pada lansia yang harus diketahui mari ajak kerabat atau keluarga yang sudah berusia lansia untuk mulai melakukan senam atau olah raga agar mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Senam lansia adalah salah satu latihan fisik yang dapat membakar kalori dan melatih otot jantung. Meski namanya senam lansia, olahraga yang satu ini ternyata juga sesuai untuk usia berapa pun dan tingkat kebugaran apa pun.
Berguna Bagi Lansia Senam Persendian Untuk Lansia Sangat Kaya Manfaat Berguna Bagi Lansia Senam Persendian Untuk Lansia Sangat Kaya Manfaat Reviewed by Kendawangan on 6/03/2022 01:40:00 PM Rating: 5